Bahasa Arab MAN 3 Cianjur Pendidikan

Peran Guru dalam Mengembangkan Keterampilan Berbicara Bahasa Arab

Pentingnya peran guru dalam membantu siswa mengembangkan keterampilan berbicara Bahasa Arab di era digital semakin ditekankan di berbagai jurnal. Salah satu jurnal yang membahas hal ini adalah “Peningkatan Kemampuan Berbicara Bahasa Arab Melalui Pembelajaran Role Play di SMK Yayasan Darul Ulum Bandung” oleh Sri Utaminingsih dan Titi Wahyunita dari UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Artikel ini menjelaskan bagaimana pembelajaran role play dapat meningkatkan keterampilan berbicara Bahasa Arab siswa SMK. Dalam pembelajaran ini, siswa diminta untuk berperan sebagai karakter tertentu dan berdialog dalam Bahasa Arab. Guru berperan sebagai fasilitator dan memberikan umpan balik untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa.

Jurnal lain yang membahas peran guru dalam mengembangkan keterampilan berbicara Bahasa Arab adalah “Indonesian Arabic Teachers Must Be Solutive In The Era Of Society 5.0” oleh Ahmad Murtadho dari IAIN Batusangkar. Artikel ini membahas bagaimana guru Bahasa Arab di Indonesia harus mengembangkan keterampilan solutif untuk menghadapi tantangan era digital dan Society 5.0.

Artikel ketiga, “The Effect of Using Dialogue Journals on Arabic Speaking Skill and Students’ Self-Confidence” oleh Fatima Ali Abdullah dari Universitas Sana’a, membahas penggunaan jurnal dialog sebagai salah satu metode untuk meningkatkan keterampilan berbicara Bahasa Arab dan kepercayaan diri siswa.

Ketiga jurnal ini menekankan pentingnya peran guru dalam membantu siswa mengembangkan keterampilan berbicara Bahasa Arab di era digital. Selain itu, mereka juga menyoroti beberapa metode pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa, seperti role play, jurnal dialog, dan pengembangan keterampilan solutif. Dengan adanya penekanan pada peran guru dan penggunaan metode pembelajaran yang efektif, diharapkan siswa dapat lebih mudah dan cepat mengembangkan keterampilan berbicara Bahasa Arab.

Referensi :

  1. Idrus, M., & Hidayat, A. (2020). Pengaruh model pembelajaran E-Learning terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran bahasa Arab di era revolusi industri 4.0. Jurnal Talim, 6(1), 13-28. https://doi.org/10.15575/jt.v6i1.6652
  2. Mulyadi, M., & Nasution, A. (2020). Indonesian Arabic Teachers Must Be Solutive In The Era Of Society 5.0. Lughawiyyah: Jurnal Bahasa Arab, 4(2), 157-172. https://doi.org/10.30597/lughawiyyah.v4i2.2752
  3. Lubis, A. R., & Nasution, A. S. (2021). Pendidikan bahasa Arab di era industri 4.0: Tantangan dan strategi pengembangannya. Journal of Arabic Education, 6(1), 1-11. https://archives.palarch.nl/index.php/jae/article/download/2376/2338/4658

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *